Lebih dari 66% pembeli (Sumber) memulai pencarian produk online mereka di Amazon. Aksesibilitas yang mudah, dikombinasikan dengan jangkauan ulasan pelanggan yang luas, memberikan pengguna pemahaman yang lebih baik tentang produk tanpa kedekatan fisik. Ini adalah alasan lain mengapa penjual eCommerce mengakui Amazon sebagai bagian integral dari saluran penjualan mereka.
Dengan 2 juta usaha kecil dan menengah di Amazon, mendapatkan bola mata yang diinginkan untuk konversi semakin sulit. Tetapi dengan bantuan dari iklan Amazon, Anda dapat memanfaatkannya dengan baik untuk usaha Anda. Tapi pertama-tama, mari kita pahami manfaatnya, jenis-jenis iklan Amazon, dan bagaimana Anda dapat menggunakan praktik terbaik dan mengoptimalkannya untuk usaha Anda.
Manfaat Iklan Amazon untuk Usaha Anda
Iklan Amazon memungkinkan usaha Anda mendapatkan kesadaran dan visibilitas brand yang diinginkan untuk klik dan penjualan yang lebih tinggi.
Mudah untuk memulai dan meningkatkan peringkat produk - Iklan pasar Amazon mempercepat laju interaksi pelanggan dengan produk Anda, yang mengarah ke penelusuran dan peringkat Amazon yang lebih tinggi.
ROI yang lebih tinggi - Amazon menawarkan berbagai alat periklanan yang melengkapi merek Anda dengan analisis corong lengkap yang mengarah ke ROI yang lebih baik.
Peningkatan jangkauan audiens - Karena pengguna secara aktif menjelajahi Amazon lebih lama daripada situs web lain, hal ini meningkatkan peluang konversi dan profitabilitas.
Jenis Iklan Amazon
Sebagai gambaran mengenai jenis iklan yang dapat berhasil untuk usaha Anda, lihatlah beberapa iklan di bawah ini dan dapatkan beberapa petunjuk dari tips profesional berikut ini:
1. Iklan Produk Bersponsor
Iklan produk bersponsor berfungsi sebagai iklan PPC (pay-per-click) melalui penargetan manual atau otomatis. Dalam hal ini, Anda menawar kata kunci - kecocokan persis, frasa, atau kecocokan luas yang memungkinkan Anda untuk memenuhi kelompok permintaan pencarian tertentu atau istilah pencarian yang lebih umum.
Keuntungan lainnya adalah Amazon menyediakan penargetan kategori dan persaingan produk yang memungkinkan Anda menargetkan merek, produk, atau kategori tertentu dan memberi Anda kontrol terperinci untuk mempromosikan SKU Anda. Jenis iklan ini memberikan ROAS maksimum karena lebih berfokus pada konversi.
Graas Pro Tip: Tempatkan iklan bersponsor Anda di bawah daftar produk pesaing Anda untuk meningkatkan impressions.
2. Iklan Brand Bersponsor
Iklan brand bersponsor memungkinkan Anda mempromosikan iklan berbasis kata kunci untuk beberapa produk di bawah kategori produk merek (merek Anda + produk), produk pelengkap (produk yang saling melengkapi saat membeli), dan penargetan otomatis produk bersponsor (produk yang memiliki respons positif dalam kampanye bersponsor otomatis Anda).
Graas Pro Tip: Gunakan titik masalah yang paling penting dan fitur produk tertentu dalam judul untuk meningkatkan kemungkinan pengguna mengklik iklan.
3. Iklan Tampilan Produk Amazon
Gunakan iklan tampilan produk Amazon saat Anda ingin menampilkan di halaman produk brand lain dalam kategori serupa yang mendapatkan respons yang baik. Anda dapat menggunakannya di halaman detail produk Anda, halaman detail produk pelengkap, atau halaman pesaing.
Graas Pro Tip: Dekati iklan produk sebagai sarana untuk meningkatkan konversi melalui penjualan silang dan penjualan naik melalui penargetan yang relevan pada halaman terkait dalam kategori Anda.
4. Iklan Video
Iklan video bekerja dengan baik saat Anda berada dalam fase ekspansi dan ingin memanfaatkan situs asosiasi Amazon lainnya untuk mendapatkan visibilitas. Apakah Anda beroperasi sebagai penjual di Amazon atau tidak, Anda masih dapat menggunakan iklan video untuk mempromosikan produk Anda. Iklan video dapat digunakan bersama dengan iklan bersponsor untuk mendapatkan hasil maksimal.
Graas Pro Tip: Iklan video berjalan dengan baik jika dipasangkan dengan informasi produk berbasis teks yang memperkaya user experience.
Saat memutuskan iklan Amazon yang tepat untuk usaha Anda, pastikan tujuan usaha Anda adalah selaras dengan jalan menuju hasil yang Anda harapkan. Perhatikan pesaing dan penempatan iklan mereka untuk mengetahui apa yang berhasil dan tentukan strategi periklanan Anda.
Praktik Terbaik untuk Beriklan di Amazon
Periklanan marketplace memiliki sistem internal yang melacak masalah pelanggan dan melacak kampanye. Hal ini mengurangi sumber daya yang perlu Anda investasikan dari pihak Anda untuk kampanye iklan yang efektif. Terapkan beberapa praktik terbaik ini untuk mengungguli iklan Amazon.
Pilih Kata Kunci yang Strategis
Kata kunci berekor panjang dapat digunakan secara efektif ketika Anda memiliki audiens khusus, dan mereka mencari istilah tertentu yang sesuai dengan produk Anda. Namun, hindari kata kunci negatif atau frasa yang terlalu sering di-hype seperti 'best' atau '#1".
Mulai dengan Automatic Targeting
Iklan Amazon memiliki penargetan manual dan otomatis. Dalam penargetan otomatis, Amazon melakukan pekerjaan yang lebih dalam pencarian kata kunci dan pencocokan produk, memberikan hasil yang cepat. Jika Anda ingin mengontrol bagaimana dan di mana iklan Anda akan ditampilkan, gunakan penargetan manual.
Atur struktur kampanye untuk hasil yang lebih baik
Saat Anda memiliki beberapa kampanye yang berjalan, pastikan Anda mengaturnya, sehingga tidak ada dua kampanye yang bersaing satu sama lain. Hal ini juga mengurangi pemborosan dalam pengeluaran iklan.
Bagaimana Mengoptimalkan Iklan di Amazon?
Optimalkan halaman produk Anda
Optimalkan semua elemen di halaman produk Anda. Pastikan berita utama membahas poin-poin penting. Pertahankan gambar produk yang relevan, akurat, dan beresolusi tinggi yang membangun kepercayaan. Pembeli menginginkan deskripsi yang terlihat profesional yang membantu mereka memahami apakah produk tersebut tepat untuk mereka.
Ajukan Bid untuk Brand Anda
Seringkali, pesaing menawar merek lain dan menarik perhatian pengguna yang mencari brand tertentu. Bid brand Anda sehingga Anda dapat mengarahkan pelanggan yang mencari brand Anda ke rangkaian produk.
Lacak Kampanye
Beberapa kampanye mungkin tidak menunjukkan hasil karena berbagai alasan. Tentukan penyebabnya dan hilangkan pengeluaran lebih lanjut untuk hal ini, untuk mengurangi kerugian Anda. Selain itu, identifikasi kata kunci yang tidak membantu mendorong produk dan tidak menghasilkan konversi.
Apa itu ACOS dan Cara Menghitungnya?
Ada berbagai KPI untuk mengukur pengeluaran iklan Anda di Amazon. Salah satu metrik utama adalah ACOS (Amazon Advertising Cost of Sales).
Amazon's Advertising Cost of Sales (ACOS) adalah metrik yang digunakan oleh penjual dan pengiklan Amazon untuk mengukur keefektifan kampanye iklan PPC mereka di pasar Amazon. Ini mewakili persentase dari total belanja iklan yang dikaitkan dengan penjualan yang dihasilkan dari kampanye iklan.
Untuk menghitung ACOS, bagi Ad Spend dengan Ad Revenue untuk mendapatkan nilai persentase.
ACOS = (Ad Spend ÷ Ad Revenue) X 100
Jika Anda memperoleh $250 dari kampanye iklan Anda dengan tarif $50 sebagai biaya kampanye, ACOS Anda adalah
50 ÷ 250 X 100 = 20%
Meskipun tidak ada ACOS yang optimal karena bervariasi untuk industri yang berbeda, angka patokan antara 30-40% adalah ideal.
Bagaimana Anda Mengurangi ACOS untuk Usaha Anda?
Tujuan Anda dalam menjalankan kampanye PPC dapat berkisar dari menciptakan kesadaran produk hingga memaksimalkan profitabilitas.
Untuk mencapai tujuan, pertama-tama tentukan target spesifik ACOS brand Anda dan targetkan untuk mencapai titik impas sebelum menilai perbandingannya dengan margin keuntungan Anda. Kemudian, prioritaskan tujuan merek dan kampanye Anda, dan berdasarkan tujuan ini, tentukan relevansi dan nilai Amazon ACOS dengan strategi pemasaran Anda secara keseluruhan.
Saat menjalankan kampanye kesadaran dengan bantuan pemasaran pasar, Anda cenderung menghabiskan lebih banyak uang untuk kampanye dengan sedikit keuntungan di awal. Namun, saat Anda mengoptimalkan daftar produk Anda dan menyempurnakan tajuk utama Anda, Anda mungkin akan melihat hasil yang lebih baik yang mengurangi pengeluaran ACOS Anda.
Saat Anda ingin memaksimalkan jangkauan dan pendapatan, tawar merek Anda, manfaatkan iklan video, dan persempit fokus Anda ke kata kunci dengan maksud penelusuran tinggi. Dengan cara ini, Anda mengoptimalkan pengeluaran kampanye untuk hasil yang lebih kuat dan ACOS yang lebih rendah.
Sebagai pemilik usaha eCommerce, Anda sering kali ingin mengurangi beban kerja dan mengintegrasikan semua sistem Anda untuk produktivitas yang lebih baik. Graas menawarkan manajemen marketplace multi-channel yang memastikan usaha Anda dikelola secara terpusat terkait inventaris, pesanan, dan pembayaran.
Comments